Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Menurut Philip Kotler yang di alih bahasakan oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, dan Benyamin Molan  menyatakan bahwa :

Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan, dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi.

Begitu pula dengan Sofyan Assauri  mengemukakan bahwa :
Manajemen Pemasaran merupakan  kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui pasar sasaran, guna mencapai tujuan organisasi dalam jangka panjang.

Selain itu, menurut Basu Swastha  mengemukakan bahwa :
“Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran”.

Menurut Indriyo Gitosudarmo mengemukakan bahwa :
“Manajemen Pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang direncanakan dengan baik, diorganisasikan, serta diawasi akan membuahkan hasil yang memuaskan”.

Menurut Basu Swastha dan T. Hani Handoko adalah:
Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan menurut Philip Kotler yang di alih bahasakan oleh Herujati Purwoto menyatakan bahwa :
Manajemen Pemasaran merupakan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang dirancang untuk menciptakan, membuat, dan menangani pertukaran yang menguntungkan dengan para pembeli sasaran dengan maksud agar meraih tujuan perusahaan, seperti keuntungan, laju penjualan, bagian pasar dan sebagainya.

Dan  menurut Harper W. Boyd, Orville C. Walker, dan Jean Claude Larreche  mengemukakan bahwa :
Marketing Management is the process of analyzing, planning, implementing, coordinating, and controlling, programs involving the conception, pricing, promotion, and distribution, of products, services, and ideas designed to create and maintain beneficial exchanges with target markets for the purpose of achieving organizationalobjectives.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwasannya manajemen pemasaran merupakan kegiatan pengelolaan pemasaran yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s